JADILAH ORANG YANG TAK MUDAH TERPENGARUH

Posted by Baraya alumni SMEA/SMKN 1 on 09.21


Agaknya sudah menjadi hukum alam kehidupan manusia bahwa, golongan yang lemah itu selalu terpengaruh oleh golongan yang kuat, baik pengaruh berupa kebaikan atau keburukan yang datang dari golongan yang kuat selalu diikuti oleh golongan manusia yang lemah ini.

Pengaruh tersebut, terkadang timbul oleh perasaan terpesona yang berlebih dari golongan yang lemah ini, seandainya pengaruh tersebut memberikan jalan dan pemikiran ke hal positip tentunya itu malah menjadi baik dampaknya bagi golongan lemah ini, namun tak jarang pengaruh yang dibawa oleh kaum yang kuat, bisa mendatangkan bahaya bagi segelintir orang-orang yang lemah pendiriannya. Sehingga dari pengaruh pengaruh yang menyesatkan ini, menimbulkan keraguraguan terhadap pendiriaan atau keyakinan yang selama ini telah diyakininya.

Kini, bukan persoalan kita sebagai orang yang kuat ataupun sebagai orang yang lemah, tetapi yang terpenting adalah andai kita memang ditaqdirkan sebagai orang yang kuat berikanlah pengaruh – pengaruh yang bisa memberikan jalan kebenaran bagi orang yang lemah, sebaliknya bagi kaum yang lemah, tak mesti kita harus selalu terpengaruh dan menuruti ajakan ajakan yang menyesatkan, sekalipun ajakan dan pengaruh tersebut datang dari golongan kaum yang kuat, yakini apa yang kita miliki, bahwa selama ini kita telah diwarisi pusaka aqidah dan ahlak yang kita terima dari para penghulu kita yaitu: Agama, berpegang teguhlah selalu pada Agama. Ya Agama Islam Tentunya.