Memilih Template

Posted by Baraya alumni SMEA/SMKN 1 on 05.46

Yang tak kalah pentingnya dalam membuat Blog adalah menentukan bentuk tampilan halaman Blog jadi sekarang kita akan membicarakan tentang memilih Template. Sekilas tentang memilih Templete pada awal Pembuatan Blog, khusunya pada Blogspot mungkin dari tampilan templete yang ada kita belum begitu sreug / pas dengan tampilannya jadi kini template kita yang awal kita akan mengubahnya sekarang sekilas tentang Template, Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Memilih template yang menarik,uniq/cantik sangatlah perlu, karena dengan tampilan template yang menarik bisa membuat para pengunjung yang datang ke blog kita menjadi nyaman/betah untuk berlama-lama menelusuri di blog kita lebih lama lagi.
Memilih/mengganti Template cara 1 :
Seperti biasa masuk dulu ke blog milik antum kalau udah Klik "Tata Letak" (bila sobat menggunakan blogger baru) atau klik "Template" (bila sobat menggunakan template classic).
Klik "Pick New Template"/Pilih Template Baru, silahkan acak-acak pilih template yang ada disana kalau dah ketemu oh iya.... Sebelum memutuskan sebuah template, sebaiknya anda lihat dulu satu persatu contoh layout Template tersebut caranya klik tulisan preview template/pratayang, jika memang udah pas klik tulisan "Save template" yang ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya ............. selesai deh !!!
Memilih/mengganti Template cara 2 :


Rupanya Template yang kita pilih masih saja kurang memuaskan, sekali waktu kita melihat Blog orang lain kok bagus, dibandingkan milik kita kok kayaknya milik kita ketinggalan zaman, alias zadul banguet. Memang beberapa Template yang dipakai para Bloger itu tak ada pada saat memilih tamplate ( cara memilih diatas) selanjutnya kini adalah memilih Template dari file komputer kita.



Pertama – tama
Persiapkan Dulu Template nya : kalau Templatenya dah ada baru ikuti langkah berikut kalau belum ada..... ya cari dulu atuh.....
Kumaha...... Kieu dulur : untuk memcari Template-Template yang bukan dari Bloger anda bisa mengunjungi klik disini, bisa juga didieu, Patikan anda melihat dulu layoutnya.... caranya biasanya ada tulisan Demo, klik disana, kalau memang dirasa dah pas silakan Donload Template tersebut, simpan di komputer/Flasdick terserah yang penting disimpan.
Selanjutnya :
Catatan : Biasanya Template yang kita Donload Filenya berupa file Zip, jadi Ektax dulu, kalau udah ikuti langkah berikut ini : .

Seperti biasa masuk dulu ke blog milik antum kalau udah Klik "Tata Letak" (bila sobat menggunakan blogger baru) atau klik "Template" (bila sobat menggunakan template classic). Selanjutnya klik browse pada kotak yang ada tulisan upload dari komputer anda terus cari dimana File Template itu berada kalau udah open lalu ...... kilk unggah lihat hasilnya dan jangan jangan lupa beri centang pada kotak tulisan expand template widget lupa simpan, selesai tuh memilih templatenya.